Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Meningkatkan Kemampuan Siswa

Authors

  • Eko Sadono
  • Siti Jubaidah

Keywords:

Etnomatematika, Kemampuan Berpikir Kritisisi

Abstract

Menurut Setiawan & Royani (2013), metode inquiry merupakan metode pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analisis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu sebuah masalah. Metode ini menekankan kepada aktivitas siswa secara maksimal untuk mencari dan menentukan, artinya metode ini menempatkan siswa sebagai subjek belajar. Peran guru dalam metode ini sebagai fasilitator dan motivator belajar siswa. Diharapkan dengan metode ini siswa akan lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran, sehingga siswa akan lebih memahami materi matematika yang dipelajari. Jadi dapat disimpulkan bahawa e-modul etnomatematika berbasis model pembelajaran inqury adalah bahan ajar yang didalam nya terdapat unsur budaya dan pada proses pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analisis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu sebuah masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-21

How to Cite

Eko Sadono, & Siti Jubaidah. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Meningkatkan Kemampuan Siswa. Pentagon : Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(4), 06–13. Retrieved from https://journal.arimsi.or.id/index.php/Pentagon/article/view/2

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.