PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK PADA MATERI OPERASI PECAHAN
Abstract
Pembelajaran matematika yang efektif memerlukan pengembangan strategi yang relevan dengan kebutuhan siswa dan mendukung pemahaman konsep secara menyeluruh. Salah satu pendekatan yang digunakan adalah Scientific Approach, yang menekankan pada eksplorasi, penemuan, dan penerapan konsep melalui pendekatan ilmiah. Dalam konteks ini, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Scientific Approach sebagai alat bantu dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematik siswa pada materi operasi pecahan. Pengembangan LKPD dilakukan dengan memperhatikan prinsip-prinsip pendekatan ilmiah dan kebutuhan siswa dalam memahami operasi pecahan. Lembar kerja ini dirancang untuk mendorong siswa dalam mengaitkan konsep-konsep matematika dengan konteks dunia nyata, serta membangun hubungan antara konsep-konsep yang berbeda dalam materi operasi pecahan. Metode pengembangan yang digunakan meliputi analisis kebutuhan siswa, penyusunan bahan ajar, validasi oleh ahli, dan uji coba lapangan untuk mengevaluasi efektivitasnya. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbasis Scientific Approach dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematik siswa pada materi operasi pecahan. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi pembelajaran matematika yang inovatif dan relevan dengan perkembangan kurikulum saat ini. Implikasi praktis dari penelitian ini mencakup penerapan LKPD berbasis Scientific Approach sebagai salah satu pendekatan yang dapat membantu meningkatkan pemahaman dan keterampilan matematika siswa dalam menghadapi tantangan pemecahan masalah di dunia nyata.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pentagon : Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.