Efektivitas Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Perkalian di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.62383/bilangan.v3i2.463Keywords:
Effectiveness, Elementary School, MultiplicationAbstract
This study aims to examine the effectiveness of using instructional media in enhancing the understanding of multiplication concepts in elementary schools. The research employs a library research method. The findings indicate that the use of instructional media in teaching multiplication in elementary schools is significantly more effective compared to conventional methods without media. Media such as Powtoon, PAKALILO (Papan Perkalian Kelinci Lompat), Papan BAPER (Batang Perkalian), and multiplication pockets based on the Indonesian Realistic Mathematics Education (PMRI) approach significantly improve students' understanding of multiplication concepts.
Downloads
References
Adawiyah, A. R., & Kowiyah, K. (2021). Analisis kebutuhan pengembangan permainan kartu domino sebagai media pembelajaran operasi hitung perkalian siswa kelas IV SD. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 7(3), 115. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.435
Aliyah, A. P., & Purwanto, S. E. (2022). Volume: 8 Bulan: Agustus Tahun: 2022 Volume: 8 Nomor: 3 Bulan: Agustus Tahun: 2022, 921–928. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.946
Arifin, Z., & Setiawan, H. (2021). Minat belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 45–56.
Faujiah, S., & Nurafni. (2022). Analisis pemahaman konsep perkalian pada pembelajaran matematika peserta didik kelas IV sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 829–840. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2588
Kholidah, H., Hidayat, H., & Jamaludin, L. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap dunia pendidikan (studi literatur). Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 43(4), 342–346.
Koten, F. A., & Zulhiyah, F. (2024). Efektivitas penggunaan media pembelajaran kotak KABA dalam meningkatkan hasil belajar pada materi perkalian aljabar binomial. 2(1), 76–83.
Mahanum, M. (2021). Tinjauan kepustakaan. ALACRITY: Journal of Education, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.20
Mailani, E., & Hareza, Y. (2023). Efektivitas penggunaan media papan bilangan terhadap kemampuan pemahaman konsep pada materi perkalian sekolah dasar. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(4), 5717–5728.
Matematika, J. I., Angkasa, K., & Manik, E. A. (2024). Analisis kesulitan belajar peserta didik terhadap materi matematika, khususnya dalam perkalian berbentuk cerita di kelas II sekolah dasar. 2(4).
Moto, M. M. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran dalam dunia pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060
Mutmainna, S. N., & Nurjannah, N. (2023). Diagnostik kesulitan belajar matematika siswa kelas VI pada operasi hitung perkalian di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 8(2), 51–60. https://doi.org/10.47435/jpdk.v8i2.2186
Nasrudin, M., Sukmawati, R. A., Sari, D. P., Wiranda, N., & Pamuji, R. (2024). Pengembangan media interaktif pada pembelajaran perkalian dan pembagian pecahan dengan metode demonstrasi. Computing and Education Technology Journal, 4(1), 17. https://doi.org/10.20527/cetj.v4i1.12329
Ramadhani, N., Ulya, W. J., Nustradamus, S. B., Fakhriyah, F., & Ismaya, E. A. (2023). Systematic literature review: Peran media pembelajaran interaktif dan konvensional pada proses pembelajaran di sekolah dasar. Student Scientific Creativity Journal, 1(5), 99–114. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i5.1941
Rambe, C. N. (2019). Peran media pembelajaran dalam meningkatkan pendidikan. Pendidikan, 3(4), 333–340. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/pwgja
Risqi, W., & Siregar, N. (2023). Media papan pintar materi perkalian dalam pembelajaran matematika permulaan di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2), 1–9. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.63497
Sihombing, J. M., Syahrial, S., & Manurung, U. S. (2023). Kesulitan peserta didik dalam pembelajaran matematika materi perkalian dan pembagian di sekolah dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(3), 1003–1016. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i3.1177
Supriatna, A., & Wulandari, F. (2023). Pengembangan media papan BAPER (batang perkalian) pada pembelajaran matematika materi. 1(1), 1–10.
Suratman, B. M., & Pranata, K. (2024). Pengembangan media ular tangga Bagi Kali (BALI) pada pembelajaran matematika materi perkalian dan pembagian kelas II sekolah dasar. 13(4), 5185–5194.
Ulya, F. F., Magfiroh, S., & Zulfikar, E. (2024). 1, 2, 3, 5(Desember), 29–37.
Wasiyah, W., Mariati, M., Fitriana, Y., & Bakara, T. (2023). Efektivitas penggunaan media pembelajaran terhadap aktivitas mengajar guru di kelas. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 205–212. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.227
Zain, N., Saputra, H. H., & Musaddat, S. (2022). Analisis kesulitan memahami perkalian 1 sampai dengan 10 siswa kelas 2 SDN 3 Loyok tahun pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1429–1434. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.788
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bilangan : Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian dan Angkasa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.