Peran Media Pembelajaran Digital dalam Pembelajaran Matematika di Era Merdeka Belajar : Systematic Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.62383/algoritma.v3i4.548Keywords:
Digital Learning Media, Mathematics, Independent Curriculum, Systematic Literature ReviewAbstract
This article aims to examine the role of digital learning media in supporting mathematics learning that is aligned with the spirit of the Merdeka Curriculum. The research was conducted using the Systematic Literature Review (SLR) method on twenty scientific articles that discuss the use of digital media in learning mathematics at various levels of education. The results of the study show that digital learning media such as the Canva application, Wordwall, digital comics, animated videos, and educational games can significantly improve concept understanding, learning motivation, and student engagement. Digital media also supports the differentiated and contextual learning approach that is the main characteristic of Merdeka Curriculum. This study concludes that digital media is not only effective in conveying abstract material visually and interactively, but also encourages the development of students' 21st century skills, such as critical thinking, independence, and creativity. The findings are expected to be a reference for teachers, researchers, and policy makers in designing innovative and adaptive mathematics learning strategies in the digital era.
Downloads
References
A, Y. E., & Sihotang, H. (2021). Penerapan sistem Prodigy Math Game sebagai implementasi Merdeka Belajar dalam meningkatkan minat belajar siswa menengah atas. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3919–3927. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1230
Alamanda, L., & Zainil, M. (2024). Pengembangan media pembelajaran berbantuan aplikasi Math City Map pada materi luas bangun datar di kelas IV SD. Jurnal Pendidikan, 9(1), 52–65.
Annisaul Mutmainnah, & Andika, R. (2024). Pemanfaatan media Wordwall terhadap evaluasi pembelajaran matematika di sekolah dasar. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 3(3), 175–190. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i3.2447
Asmaryadi, A. I., Estuhono, & Akhadiah, M. (2024). Pengembangan media pembelajaran komik menggunakan aplikasi Canva pada materi bilangan cacah. Jurnal Pendidikan Matematika, 25(1), 89–97.
Febriyanti, R., Prafianti, R. A., Albab, M. U., & Ariska, M. (2024). Pengembangan media pembelajaran berbasis komik digital. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(November), 487–497.
Fitri, R. M., & Helsa, Y. (2024). Pengembangan media pembelajaran materi segi empat menggunakan aplikasi Smart Apps Creator untuk siswa sekolah dasar kelas IV. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 3(1).
Guntur, M., Sahronih, S., & Ismuwardani, Z. (2023). Pengembangan komik sebagai media belajar matematika di sekolah dasar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 8(1), 34–44. https://doi.org/10.26618/jkpd.v8i1.9685
Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-media pembelajaran efektif dalam membantu pembelajaran matematika jarak jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–69. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587
Hendrawan, G. B., & Marlina, R. (2022). Persepsi siswa terhadap penggunaan game edukasi digital pada pembelajaran matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 395. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.10288
Heryana, P., Rusdiyani, I., & Nulhakim, L. (2016). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran matematika. Jurnal Mosharafa, 5(3), 63–74.
Huda, N., Afidatuzzaro, N., Sujarwo, I., Umie, S., & Sari, R. (2024). Efektivitas modul pembelajaran matematika berbasis elektronik dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 434–443.
Khadijah, A. K., & Rukmana, D. (2025). Pengembangan media pembelajaran berbasis problem solving menggunakan aplikasi Genially pada materi bangun datar kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 272–290.
Mahmuzah, R., Hidayat, A. T., Qausar, H., Sinaga, N. A., Arinal, T. M., & Darmawan, M. P. (2023). Analisis validitas Mathematics Comic Application sebagai media pembelajaran bermuatan etnomatematika berbasis Android. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 989–996. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v5i2.2917
Mardiana, T., & Hajron, K. H. (2024). Efektivitas teknologi pendidikan dalam pembelajaran matematika: A systematic literature review. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, 10(2), 102–116. https://doi.org/10.21107/edutic.v10i2.22242
Masfufah, R. A., Muyasyaroh, L. K., Maharani, D., Saputra, T. D., Astrianto, F., & Dayu, D. P. K. (2022). Media pembelajaran Canva untuk meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA), 2(November), 347–352.
Ratnawati, Darniyanti, Y., & Neri, S. (2023). Pengembangan media pembelajaran video animasi pada mata pelajaran matematika materi bangun datar kelas IV SDN 04 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9, 5992–6005.
Rijali, S., Negeri, I., Ali, S., & Ahmad, H. (2024). Pengembangan kurikulum pada pembelajaran matematika dengan menggunakan media Wordwall. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 421–429.
Rohayati, Syam, N., & Khusna, R. (2025). Penerapan game edukatif digital berbasis Android untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MI Sirojul Athfal. Jurnal Pendidikan Dasar, 1, 85–89.
Sausan, S., Sirait, S., Salihin, S., & Siregar, R. (2024). Studi literatur: Pemanfaatan web Wordwall untuk melatih kemampuan computational thinking siswa dalam pembelajaran matematika. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 2(2), 190–197. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i2.479
Setianingsih, D., Yuli, T., Siswono, E., Terbuka, U., Surabaya, U. N., & Setianingsih, D. (2024). Pengembangan media pembelajaran berbasis web (Google Sites) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan literasi digital. ELSE (Elementary School Education), 8(2), 440–450.
Sumarno, M., Jamiah, Y., Fitriawan, D., T, A. Y., & Hartoyo, A. (2023). Efektivitas pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran berdasarkan Kurikulum Merdeka pada materi transformasi kelas VII. Journal of Educational Review and Research, 6(1), 56. https://doi.org/10.26737/jerr.v6i1.4590
Triyani, R., Pamungkas, A. S., Anwar, C., Firdos, H., Matematika, P., Sultan, U., Tirtayasa, A., & Berdiferensiasi, P. (2024). Pengembangan e-LKPD matematika berbasis Liveworksheet dalam menunjang pembelajaran berdiferensiasi pada siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 34–52.
Walidah, G. N., Mudrikah, A., & Samnur, S. (2022). Pengaruh penggunaan game edukasi Wordwall terhadap motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik. UJMES: Uninus Journal of Mathematics Educations and Science, 7(2), 105–115.
Zaelani, A., & Mahmudah, I. (2024). The effectiveness of using digital media as an aid in class. Jurnal Pendidikan Teknologi, 7(1), 63–72.
Zuwandi, M. I., Prayitno, S., Hikmah, N., & Amrullah. (2022). Pengembangan media pembelajaran matematika pada materi barisan dan deret aritmatika menggunakan Articulate Storyline 3 berbasis website untuk meningkatkan minat dan kemandirian belajar siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(4). http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/index
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Algoritma : Jurnal Matematika, Ilmu pengetahuan Alam, Kebumian dan Angkasa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.