Pengembangan Media Pembelajaran Boardgame Matematika Kelas XII Dengan Materi Dimensi Tiga di SMA Negeri 51 Jakarta

Authors

  • Wahyu Seto Ramadhan Universitas Indrapasta PGRI
  • Lidia Zahra Universitas Indrapasta PGRI
  • Vania Al-Fitri Shafwan Universitas Indrapasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.62383/algoritma.v2i5.125

Keywords:

Learning method, Boardgame, Mathematics, Three dimensions of mathematics

Abstract

The development of technology in the world at this time is very influential and has an impact on education. Therefore, interactive learning media is needed with the aim of attracting the attention of students. The purpose of this research is (1) Producing learning media in the form of board games with three-dimensional material for students 12th Grade SMA Negeri 51 Jakarta. (2) Knowing the effectiveness of learning media for students 12th Grade SMA Negeri 51 Jakarta. The research method used is the model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluate). because the research method with the ADDIE model has systematic and specific steps in each stage

Downloads

References

Abi, A. M. (2017). Integrasi etnomatematika dalam kurikulum matematika sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1-6.

Affandi, M. R., Widyawati, M., & Bhakti, Y. B. (2020). Analisis efektivitas media pembelajaran e-learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMA pada pelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 150-157.

Aji, R. B., et al. (2020). Pengembangan papan permainan go-kumath 3D sebagai media pembelajaran matematika. Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika UNTIRTA, 1(3), 318-330.

Alwi, S. (2017). Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-ilmu Kependidikan, 8(2), 145-167.

Anggono, W., & Setyadi, D. I. (2014). Perancangan buku komik matematika khusus siswa kelas IV dengan konsep magic of maths. Jurnal Sains dan Seni Pomits, 3(2), F60-F63.

Anwar, A. S. (2020). Pengembangan sikap profesionalisme guru melalui kinerja guru pada satuan pendidikan MTs Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147-173.

Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994-1003.

Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis permainan monopoli pada pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) kelas IV SD. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 170-175.

Asih, D. A. S. (2017). Pengaruh penggunaan fasilitas belajar di lingkungan alam sekitar terhadap keterampilan proses sains. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1).

Auliya, N. N. F. (2019). Etnomatematika kaligrafi sebagai sumber belajar matematika di madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2).

Azhari, U. L., & Kurniady, D. A. (2016). Manajemen pembiayaan pendidikan, fasilitas pembelajaran, dan mutu sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(2).

Azmi, R. A., Rukun, K., & Maksum, H. (2020). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis web mata pelajaran administrasi infrastruktur jaringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 303-314.

Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif macromedia flash 8 pada pembelajaran tematik tema pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178-185.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Jurnal, 3(1), 35-43.

Dianah, L. (2017). Kontribusi fasilitas dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora), 1(2), 51-60.

Efendi, A., Fatimah, C., Parinata, D., & Ulfa, M. (2021). Pemahaman gen Z terhadap sejarah matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 116-126.

Fadhilaturrahmi, F., Ananda, R., & Yolanda, S. (2021). Persepsi guru sekolah dasar terhadap pembelajaran jarak jauh di masa pandemi COVID-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683-1688.

Fazariyah, A., & Dewi, P. S. (2022). Studi pendahuluan: Kontribusi fasilitas belajar dan tingkat sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar matematika pada pembelajaran dalam jaringan. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(1), 36-41.

Harahap, M., & Siregar, L. M. (2017). Konsep pendidikan Islam dalam membentuk manusia paripurna. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(2), 148-163.

Herani, N. E. (2021). Pemanfaatan video pembelajaran pada mata pelajaran tematik terpadu di sekolah dasar saat pandemi COVID-19. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(1), 58-66.

Herawati, V. (2022). Pengembangan media pembelajaran IPA dengan menggunakan media “Rumah Eksis” di sekolah dasar. Jurnal Basicedu: Journal of Elementary Education, 6(1).

Hidayah, N. (2019). Pengaruh penggunaan media visual terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran fikih kelas X di MA YPI Darul Huda Lubuk Harjo Kecamatan Belitang Madang Raya Kabupaten OKU Timur. Idaarotul Ulum (Jurnal Prodi MPI), 1(2), 240-290.

Huliyah, M. (2016). Hakikat pendidikan anak usia dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 60-71.

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kognitif siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (2), 17-26.

Kamhar, M. Y., & Lestari, E. (2019). Pemanfaatan sosial media YouTube sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1-7.

Leonard, & Amanah, N. (2017). Pengaruh adversity quotient dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar matematika. Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(1), 55-64.

Leonard. (2012). Level of appreciation, self-concept, and positive thinking on mathematics learning achievement. The International Journal of Social Science, 6(7), 10-17.

Mahesti, G., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan media pembelajaran permainan monopoli ASEAN untuk meningkatkan hasil belajar tema 1 selamatkan makhluk hidup pada siswa kelas 6 sekolah dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 30-39.

Mailani, E. (2015). Penerapan pembelajaran matematika yang menyenangkan. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 1(1).

Mandailina, V., Al Musthafa, S., & Pramita, D. (2018). Kombinasi media Delphi dan GeoGebra dalam pembelajaran dimensi tiga. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 7(2), 65-72.

Marâ, H., Priyanto, W., & Damayani, A. T. (2019). Pengembangan media pembelajaran tematik ular tangga berbagai pekerjaan. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3).

Mas’ari, A., Hamdy, M. I., & Safira, M. D. (2019). Analisa strategi marketing mix menggunakan konsep 4P (price, product, place, promotion) pada PT. Haluan Riau. Jurnal Teknik Industri, 5(2), 79-86.

Maskar, S., Puspaningtyas, N. D., Fatimah, C., & Mauliya, I. (2021). Catatan daring matematika: Pelatihan pemanfaatan Google Site sebagai media pembelajaran daring. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 487-493.

Mawanto, A., Siswono, T. Y. E., & Lukito, A. (2020). Pengembangan media cerita bergambar untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pecahan kelas II. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 424-437.

Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan sebagai metode pendidikan karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 141. Mz, Z. A.

Published

2024-06-24

How to Cite

Wahyu Seto Ramadhan, Lidia Zahra, & Vania Al-Fitri Shafwan. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Boardgame Matematika Kelas XII Dengan Materi Dimensi Tiga di SMA Negeri 51 Jakarta. Algoritma : Jurnal Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Kebumian Dan Angkasa, 2(5), 59–74. https://doi.org/10.62383/algoritma.v2i5.125

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.