Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi pada Materi Interaksi dalam Ekosistem Berbasis Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Kelas X di SMA Negeri 1 Tilango

Authors

  • Desriyanti Tane Universitas Negeri Gorontalo
  • Ramli Utina Universitas Negeri Gorontalo
  • Marini Susanti Hamidun Universitas Negeri Gorontalo
  • Masra Latjompoh Universitas Negeri Gorontalo
  • Frida Maryati Yusuf Universitas Negeri Gorontalo
  • Abubakar Sidik Katili Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.62383/algoritma.v3i1.358

Keywords:

Validity, Practicality, Results, CTL

Abstract

This research aims to describe the validity, practicality and capability of student learning outcomes using Contextual Teaching and Learning (CTL) based learning modules . The test subjects in this research involved 20 class X students of SMA Negeri 1 Tilango for the 2023/2024 academic year. The CTL-based module developed refers to the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) development model which is limited to the limited-scale trial development stage. The research results based on the CTL-based Module show the feasibility value of the valid criteria, the practicality of obtaining a score in the score range of 81%-100%, the learning outcomes of students using the N-Gain formula obtain a percentage value of 0.61% with medium criteria, so that the CTL-based Module is developed suitable for use as a learning medium to improve student learning outcomes on interaction material in ecosystems in class X SMA Negeri 1 Tilango.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andi Rustandi, & Rismayanti. (2021). Penerapan model ADDIE dalam pengembangan media pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57–60.

Anwari, T., Shodiqin, A., & Priyolistiyanto, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis Android pada pemrograman dasar Pascal. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 123.

Bintang Prasetyo Nugroho. (2021). Pengembangan modul pembelajaran mata pelajaran teknik kerja bengkel yang baik dan berkualitas untuk kelas X jurusan teknik audio video SMA N 2 Yogyakarta. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2013–2015.

Kalsum, U., Khalifah Mustami, M., & Ismail, W. (2018). Pengembangan modul pembelajaran materi ekosistem berbasis pendekatan contextual teaching and learning (CTL). Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 21(1), 97–107.

Latjompoh, M. (2018). Validitas perangkat pembelajaran berorientasi keterampilan proses sains untuk melatih kemampuan berfikir dan menanamkan karakter bagi siswa SMA Kota Gorontalo. Prosiding Seminar Nasional Hayati, September.

Maemunah, S. (2018). Pengembangan modul berbasis pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada sub materi pokok jaringan tumbuhan untuk siswa kelas XI SMA/MA. UIN Sunan Kalijaga.

Octaviani, S. (2017). Pengembangan bahan ajar tematik dalam implementasi Kurikulum 2013 kelas 1 sekolah dasar. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 93. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7039

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian.

Rahayu, E. E., & Listiyadi, A. (2015). Pengembangan alat evaluasi pembelajaran berbasis information and communication technologies (ICT) pada materi mengelola dokumen transaksi. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 2(2), 1–7.

Rahmawati. (2012). Pengembangan modul multimedia berbasis web materi sistem reproduksi manusia sebagai media pembelajaran mandiri siswa SMA/MA kelas XI. Skripsi, UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Sirate, S. F., & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan modul pembelajaran berbasis keterampilan literasi. Inspiratif Pendidikan, 6(2), 316.

Situngkir, E. B. (2022). Pengembangan modul operasi aljabar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII di SMP Negeri 37 Medan. Sepren, October, 37–47.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian dan pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Susanto, F., & Ayuni, I. R. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran model kooperatif tipe NHT dengan strategi pemecahan masalah (problem solving) sistematis bagi peserta didik SMP di Kabupaten Pringsewu. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(3), 301.

Wahab, J. (2022). Guru sebagai pilar utama pembentukan karakter. Inspiratif Pendidikan, 11(2), 351–362.

Wina Sanjaya. (2008). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yazid, K. (2016). Validitas buku saku materi ekologi untuk siswa kelas X berbasis Kurikulum 2013. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (Bioedu), 5(3), 390–396.

Yulia, I. (2021). Pengembangan bahan ajar berbasis e-modul dengan model discovery learning pada pokok bahasan statistika. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

Desriyanti Tane, Ramli Utina, Marini Susanti Hamidun, Masra Latjompoh, Frida Maryati Yusuf, & Abubakar Sidik Katili. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi pada Materi Interaksi dalam Ekosistem Berbasis Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Kelas X di SMA Negeri 1 Tilango. Algoritma : Jurnal Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Kebumian Dan Angkasa, 3(1), 91–98. https://doi.org/10.62383/algoritma.v3i1.358

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.