Pengembangan LKPD Berbasis Uang Mainan untuk Pembelajaran Persentase dengan Pendekatan PMRI

Authors

  • Miranti Miranti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Salsa Ameylia Zahra Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Syutaridho Syutaridho Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.62383/bilangan.v3i3.516

Keywords:

Contextual Learning, Junior High School Mathematics, PMRI, Percentage, Toy Money

Abstract

This study aims to describe the process of learning mathematics on percentage material through the use of play money with the Indonesian Realistic Mathematics Education (PMRI) approach in class VII SMP. The PMRI approach is used to link mathematical concepts with real contexts, in this case buying and selling activities using play money. This research is a descriptive qualitative research conducted at MTs Al-Mu'aawanah Pemulutan, Ogan Ilir. The research subjects were seventh grade students. The instruments used include Learner Worksheets (LKPD), observation, and interviews. The results showed that the use of play money can help students understand the concept of percentage more concretely and contextually. Students become more active in the learning process and are able to connect the concept of percentage with everyday situations. The PMRI approach proved to be effective in increasing students' engagement and understanding of percentage material.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2021). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Darmiati, D., Firmansyah, F., & Panjaitan, D. J. (2023). Implementasi pembelajaran matematika realistik Indonesia (PMRI) dalam upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Fitriani, W., & Susanti, R. (2023). Pengembangan LKPD interaktif berbasis masalah dalam materi aritmetika sosial. Jurnal Didaktik Matematika.

Handayani, T., & Rahayu, S. (2023). Validitas data dalam penelitian kualitatif: Triangulasi teknik dan sumber. Jurnal Metodologi Penelitian Pendidikan.

Hasanah, U., & Ningsih, T. (2020). Pengaruh penggunaan LKPD berbasis aktivitas terhadap motivasi dan hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains.

Nisa, I. K., Putri, A. R., Rohmah, S. N. A. B., & Hamidah, D. (2024). Analisis kemampuan representasi matematis siswa dengan pendekatan PMRI pada materi aritmetika sosial. IMEJ: Indonesian Mathematics Education Journal.

Nurulita, R., & Setiawan, W. (2021). Pengaruh LKPD kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Kreano.

Oktaviani, D., & Rahmawati, S. (2022). Pengaruh media uang mainan terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan.

Prasetyo, B., & Wulandari, S. (2020). Penggunaan LKPD berbasis PMRI untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan.

Putri, D. R., & Santoso, E. (2022). Metode observasi dan wawancara dalam penelitian kualitatif pendidikan matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.

Rahayu, S., & Putri, A. R. (2022). Efektivitas LKPD berbasis pendekatan realistik terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA.

Saraswati, S., & Dewantara, A. H. (2024). Konteks pemilihan ketua kelas pada materi persentase dengan pendekatan PMRI untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Didaktika.

Sari, P. A., & Herman, T. (2023). Desain LKPD berbasis kontekstual untuk meningkatkan literasi matematika siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia.

Sefiyani, W. P. K., Sucitra, S., & Zuliana, E. (2025). Implementasi pendekatan PMRI berbantuan media papan penjumlahan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Sugiyono, D. (2020). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.

Suharti, E., & Nugroho, A. (2021). Implementasi pendekatan PMRI dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia.

Tuti, I., dkk. (2023). Penerapan model Four-D dalam pengembangan media video keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan. Jurnal Pendidikan West Science.

Widodo, S. A., & Mardiyana. (2020). Konstruktivisme dalam pembelajaran matematika: Suatu kajian teoritis. Jurnal Teori dan Praktik Pendidikan.

Zahratul, L., & Fikriyah, N. (2021). Penggunaan media konkret uang mainan dalam pembelajaran aritmetika sosial di SMP. Jurnal Edukasi Matematika.

Downloads

Published

2025-05-26

How to Cite

Miranti Miranti, Salsa Ameylia Zahra, & Syutaridho Syutaridho. (2025). Pengembangan LKPD Berbasis Uang Mainan untuk Pembelajaran Persentase dengan Pendekatan PMRI. Bilangan : Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian Dan Angkasa, 3(3), 32–37. https://doi.org/10.62383/bilangan.v3i3.516

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.