Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Pemecahan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS)

Authors

  • Saiful Saiful Universitas Ibrahimy Situbondo
  • Dian Noer Asyari Universitas Ibrahimy Situbondo
  • Siti Lutfiatul Mukaromah Universitas Ibrahimy Situbondo

DOI:

https://doi.org/10.62383/bilangan.v2i3.187

Keywords:

Student Facilitator and Exsplaining (SFaE), Higher Order Thinking Skill (HOTS)

Abstract

This study aims to determine the influence of the Student Facilitator and Explaining (SFaE) learning model on solving Higher Order Thingking Skills (HOTS) problems. This research is a quasi-experimental type of quantitative research. The research site is at Al-Irsyad Junior High School Banyuwangi. The research sample is class VIII-B as the experimental class and VIII-D as the control class. The data collection technique uses observation, tests and documentation. Observation is used to observe student activities during the learning process. The research design uses Pre-Test Pos-Test Control Group Design. Sample members were given a Pre-Test with the aim of finding out students' knowledge before learning. Post-Test is given with the aim of finding out students' knowledge after learning. The results showed that there was an influence of the Student Facilitator and Explaining (SFaE) learning model on solving Higher Order Thingking Skills (HOTS) problems. This can be seen from the results of sig 0.00<0.05 showing that H0 was rejected and Ha was accepted.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi, 2013, “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik“ (Jakarta: PT Rineka Cipta), 203

Astutik, Y, (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Mi Podorejo Sumbergempol Tulungagung.

Chairunnisa, Amelia, dan Eko Febri Syahputra, 2019 "Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Kemampuan Eksplorasi Mahasiswa." Jurnal Curere 3.1.

Dinda, Amalia, dan Windia Hadi, 2020 "Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS berdasarkan kemampuan penalaran matematis." Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 4.1.

Eka Lestari, Kurnia dan Mokhammad Ridwaan Yudhanegara, 2017, ‘Penelitian Pendidikan Matematika’, (Bandung: PT Rafika Aditama)

Eris, Iswara, dan Rostina Sundayana, 2021 "Penerapan model pembelajaran problem posing dan direct instruction dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa." Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika 1.2 : 223-234.

Fanani, Moh Zainal, 2018 "Strategi pengembangan soal hots pada kurikulum 2013." Edudeena: Journal of Islamic Religious Education 2.1.

Gunawan, Mohammad Ali, 2013, Statistik Untuk Penelitian Pendidikan, (Yogyakarta: Parama Publishing), cet ke-1.

Harefa, Darmawan, 2021 "Penggunaan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar Fisika." Jurnal Dinamika Pendidikan 14.1.

Hasyim, Maylita, and Febrika Kusuma Andreina, 2019 "Analisis high order thinking skill (hots) siswa dalam menyelesaikan soal open ended matematika." FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 5.1.

Juanda, Dodo, 2022 "Penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi statistika." Didactical Mathematics 4.1.

L. F, Masitoh, & Aedi, W. G. (2020). Pengembangan instrumen asesmen Higher order thinking skills (HOTS) matematika Di SMP kelas VII. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2).

Machali, Imam, 2017 “Metode Penelitian Kuantitatif Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif, (Yogyakarta : MPI).

Manik SS, Putu, Gusti Ngurah SA, 2020 “Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal Hots Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Volume 4, Number 2.

Mulyono, Dodik, 2020"Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Kemampuan Awal Siswa." Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran 6.2.

Musliati, Skripsi, 2016 ‘Penerapan Model Student Facilitator and Explaining untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV MIN Merduati Banda Aceh.

Muslim, Siska Ryane, 2015 "Pengaruh penggunaan metode student facilitator and explaining dalam pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMK di Kota Tasikmalaya." JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika) 1.1.

Nurkasah, Siti, 2022, Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Jawa yang Memuat Menulis Surat Pribadi pada Siswa Kelas VIII-C Semester 2 SMP Negeri 1 Karangrejo Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018,’Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan’.

Ralmugiz, Uke, 2020, "Kemampuan siswa smp kota kupang dalam menyelesaikan masalah hots matematika." Jurnal Gammath 5.1.

Riduwan, 2013, Dasar-Dasar Statistika (Bandung: Alfabeta).

Rippi, Maya, and Wahyu Setiawan, 2018 "Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa smp pada materi statistika." JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 1.6

Rismawati, Melinda, Puji Rahmawati, and Anita B. Rindiani, 2022 "Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS)." Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 6.2.

Rusman. Model –model pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru), (Jakarta :Raja Grafindo Persada 2018)

Saraswati, Putu Manik Sugiari, and Gusti Ngurah Sastra Agustika. 2020 "Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS mata pelajaran matematika." Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 4.2.

Setiawan, M. Agung, Dwi Ari Budiretnani, and Budhi Utami, 2017 "Pengaruh model pembelajaran problem based learning dipadu student facilitator and explaining terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 6 Kediri pada pokok bahasan fungi." Jurnal Florea Volume 4.1.

Sintya, Dewi, 2016, Penerapan pembelajaran kooperatif model Student Facilitator and Explaining untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan (studi pada siswa kelas XI TPM 3 SMK Ahmad Yani Jabung Kabupaten Malang). Diss. Universitas Negeri Malang.

Siregar, Syofian, 2014, Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif, (Jakarta: Bumi Aksara).

Subroto, Rapih, dan Sutaryadi Sutaryadi, 2018 "Perpektif guru sekolah dasar terhadap Higher Order Tinking Skills (HOTS): pemahaman, penerapan dan hambatan." Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran 8.1.

Sugiyono, 2013, “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D”, (Bandung: Alfabeta), Cet. Ke-17.

Sugiyono, 2013, Statistika Untuk Penelitian, (Bandung: Alfabeta).

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Bandung: Alfabeta).

Suwarni,’ Pembelajaran Kooperatif Model Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Kewirausahaan, Seminar Nasional dan Call For Papers Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bisnis dan Manajemen.

Trianto, 2015, Model Pembelajaran Terpadu (Jakarta : PT Bumi Aksara , 2015)

Undang-undang No. 20 tahun 2003 pasal 1 tentang sistem pendidikan nasional.

Utari, R S D, Ulya. 2019, “Strategi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Statistika”. jurnal Prosiding NaCoME 2019.

Wina sanjaya, 2013, Penelitian Pendidikan Jenis Metode Dan Prosedur (Jakarta: Prenada Media Group)

Yusuf, Yusfita, Neneng Titat R., Tuti Yuliawati W. 2017 “Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Siswa SMP Pada Materi Statistika”, jurnal ilmiah aksioma volume 8, nome

Published

2024-06-30

How to Cite

Saiful Saiful, Dian Noer Asyari, & Siti Lutfiatul Mukaromah. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Pemecahan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Bilangan : Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian Dan Angkasa, 2(3), 217–231. https://doi.org/10.62383/bilangan.v2i3.187

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.