Analisis Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran Matematika di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.62383/aljabar.v1i2.543Keywords:
Challenges, Solutions, Technology LearningAbstract
This study explores the challenges and solutions in mathematics education in the digital era. The rapid development of digital technology has changed teaching methodologies and learning accessibility. This study used a literature review method, analyzing 30 relevant studies from 2021 to 2025. The findings show major challenges such as lack of teacher skills, limited resources, and low digital literacy. In line with this, innovative learning models, infrastructure improvements, and continuous professional development for educators can effectively address these issues. Integrating technology into mathematics education is essential to prepare students for future challenges in an increasingly digital world.
Downloads
References
Ajizah, I. (2021). Urgensi teknologi pendidikan: Analisis kelebihan dan kekurangan teknologi pendidikan di era revolusi industri 4.0. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 4(1), 25–36.
Amidi. (2024). Literasi numerasi dalam pembelajaran matematika berbasis digital. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 998–1004.
Anggriyani, M., Syaharuddin, S., Mandailina, V., Abbdillah, A., & Mahsup, M. (2024). Penggunaan teknologi pendidikan dalam pembelajaran matematika: Tren dan tantangan. SEMANTIK: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 348–372.
Artiyani, R. (2023). Literasi digital dalam pembelajaran matematika SMK. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 9, 1–8.
Azzahro, T. A., & Subekti, F. E. (2022). Systematic literature review: Efektivitas penggunaan media evaluasi digital dalam pembelajaran matematika. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 8(2), 207–213. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i2.1331
Bito, N., & Masaong, A. K. (2023). Peran media pembelajaran matematika sebagai teknologi dan solusi dalam pendidikan di era digitalisasi dan disruption. Jambura Journal of Mathematics Education, 4(1), 88–97. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v4i1.17376
Budi’ani, M. D., & Thohir, M. A. (2022). Analisis tantangan pembelajaran matematika online pada siswa kelas 6 SDN Sidorejo 04. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 8(3), 198–206. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n3.p198-206
Ermawasari, & Hidayati Abna, H. Y. (2024). Pemanfaatan sumber belajar digital dalam meningkatkan pembelajaran matematika di sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4). https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19320
Fauzi, A. (2024). Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika: Tantangan dan solusi untuk peningkatan pemahaman siswa. DIKMAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 7–13. https://doi.org/10.56842/dikmat.v5i01.501
Firnando, H. G. (2024). Peran pendidik dalam implementasi desain pembelajaran digital: Tantangan dan peluang. Jurnal Studi Edukasi Integratif, 1(1), 44–54.
Haratua, C. S., Lestari, A., Abdul, R. C., Haryanti, W. D., Suratno, & Ardiansyah, T. (2025). Peran matematika dan ilmu pengetahuan alam dalam menghadapi tantangan SDM di Society 5.0. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 218–224. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6635
Hasanah, S. N., Cholily, Y. M., Effendi, M. M., & Putri, O. R. U. (2021). Literasi digital siswa dalam pembelajaran matematika berbantuan media Space Geometry Flipbook (SGF). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1736. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3898
Hibatulloh, R., Wangi, P. U. S., Pertama, I. N., & Paizrujah, L. (2024). Analisis peran teknologi dalam perkembangan pembelajaran matematika di era digital. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 10, 659–664.
HR, I. N., Syaharuddin, Mandalina, V., & Abdillah. (2024). Transformasi pembelajaran matematika: Dari metode tradisional ke pendekatan berbasis teknologi. Mathematical Proceedings of the Widya Mandira Catholic University, 2(1), 174–190.
Jayantika, I. G. A. T., & Namur, G. (2022). Peran teknologi pembelajaran dalam meningkatkan literasi digital matematika. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 285. https://doi.org/10.5281/zenodo.7033331
Kaafah, S. S., & Rafianti, I. (2022). Integrasi teknologi pada pembelajaran matematika secara daring di SMA berdasarkan model SAMR (Substitusi, Augmentasi, Modifikasi, dan Redefinisi). INSPIRAMATIKA: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 8(2), 83–93. https://doi.org/10.52166/inspiramatika.v8i2.3521
Mardati, A. (2021). Media digital dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis 41 Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, 1(1), 172–178. https://doi.org/10.36728/semnasutp.v1i01.25
Najah, E. F., & Mandailina, V. (2024). Aplikasi matematika berbasis teknologi: Solusi interaktif untuk siswa di era digital. Mathematical Proceedings of the Widya Mandira Catholic University, 30–47.
Nasution, A., Yulizah, Y., Prasetyo, S., Siregar, P., & Lubis, N. (2024). Soft skill sebagai inovasi dalam pembelajaran matematika di era digital. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 11(1), 55–68. https://doi.org/10.3390/sul2104306
Nasution, E. Y. P., Muntazhimah, M., & Ningsih, S. Y. (2023). Tantangan pembelajaran matematika secara daring di masa pandemi COVID-19 pada sekolah menengah di empat provinsi. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 12(1), 57–70. https://doi.org/10.30821/axiom.v12i1.12796
Pahmi, S., Junfithrana, A. P., & Utomo. (2024). Integrasi teknologi virtual reality dan kearifan lokal batik dalam pembelajaran matematika bagi guru sekolah dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Abdi Nusa, 4(3), 315–326.
Prasetyo, R. B., & Meiliasari. (2025). Analisis literatur tentang media pembelajaran berbasis digital dalam meningkatkan efektivitas belajar matematika. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 6(1), 74–86. https://doi.org/10.46306/lb.v6i1
Purwati, N. K. R., Antari, N. L. D., & Susanti, M. D. (2022). Pembelajaran matematika menyenangkan dengan media pembelajaran game edukasi Kahoot dan Quizizz. de Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 143–153.
Ranissa, S., Sintia, E., Andhika, M. Y., & Wahyudi, A. (2024). Manfaat integrasi teknologi dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 18(2), 163–175.
Rosiana, I., Yuliana, W., & Zahira, S. S. (2024). Inovasi pengajaran matematika di era digital melalui TikTok (mbah melan). Cermin: Jurnal Penelitian, 8, 650–664.
Saifudin, M. N., Cahyaningrum, Z. F., Habiba, D. H. I., Ulayya, S. D., & Susilo, B. E. (2024). Studi literatur: Tantangan dan peluang: Inovasi pembelajaran matematika di era revolusi industri 4.0. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 906–913.
Saputra, H., Utami, L. F., & Purwanti, R. D. (2023). Era baru pembelajaran matematika: Menyongsong Society 5.0. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(2), 146–157. https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i2.11155
Sartika, D., Silviana, D., & Syarifuddin. (2023). Implementasi pendekatan STEAM berbasis PjBL dalam meningkatkan hasil pembelajaran matematika. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 7(1), 108–118.
Sarumaha, Y. A., Putra, A. P., & Hermawan, T. (2024). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis digital terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 21–30.
Simorangkir, R., Sinaga, R., Limbong, R., & Nazwa, Z. (2023). Analisis penggunaan media digital interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 10. https://doi.org/10.30742/tpd.v5i2.3444
Sudharsono, M., Kurniati, B., Nurhaliza, N., Safitri, I., & Lestari, N. A. (2025). Analisis media pembelajaran digital dalam pembelajaran matematika terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN Sukamakmur 02. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 321–330.
Tinambunan, R. R., Pratiwi, S., Ulandari, N., & Ni’mah, N. T. A. (2023). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik di sekolah dasar pada era digital. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i2.149
Wahyunisari, T., Yulianti, D., Nurhanurawati, N., & Caswita, C. (2023). Media komik berbasis digital dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 8135–8140. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.3041
Wulandari, M., Salsabila, N. H., & Ramadhani, A. (2025). Analisis efektivitas penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran matematika. Jurnal Media Akademik (JMA), 3(1), 1–11. https://doi.org/10.62281
Yuliani, S. (2020). Adaptif di era disruptif: Strategi sekolah tinggi teologi menghadapi tantangan di era disrupsi. Jurnal LUXNOS: Jurnal Sekolah Tinggi Teologi Pelita Dunia, 8(2), 205–218.
Yulianti. (2024). Peran teknologi dalam pembelajaran matematika sekolah dasar. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 4(1), 45–53. https://doi.org/10.28918/ijiee.v4i1.2312
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aljabar : Jurnal Ilmuan Pendidikan, Matematika dan Kebumian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.