Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Sebagai Solusi Permasalahan Siswa Kurang Menyukai Pembelajaran Matematika

Authors

  • Inri Ani Gultom Universitas Negeri Medan
  • Naswa Amirah Universitas Negeri Medan
  • Della Nanda Sidabalok Universitas Negeri Medan
  • Sri Rahayu Universitas Negeri Medan
  • Sushmita Marina Angel Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.62383/algoritma.v2i4.84

Keywords:

Project-based learning, Elementary mathematics, Motivation to learn

Abstract

This research uses qualitative method, case study, to find out how effective the use of project-based learning (PjBL) method is to increase elementary students' interest and desire to learn mathematics. Interviews with teachers and students, participant observation, and document analysis are all methods used to collect research data. The results showed that the PjBL method proved effective in increasing elementary students' interest and desire to learn mathematics. This is shown by an increase in students' active participation in lessons, an increase in students' curiosity about math topics, and an increase in their math learning outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alisnaini, dkk. (2023). Kesulitan belajar siswa dan penanganan pada pembelajaran matematika SD. Jurnal: Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 10-20.

Aunurrahman. (2010). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Dahar, R. W. (2011). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Darjiani, d. (2015). Analisis kesulitan-kesulitan belajar matematika siswa kelas V dalam implementasi Kurikulum 2013 di SD piloting se-Kabupaten Gianyar tahun pelajaran 2014/2015. E-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 1-11.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Jurnal Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 23-54.

Hudojo, H. (2005). Strategi belajar mengajar. Malang: Universitas Negeri Malang.

Jesika Merdisinta Sihombing, S. U. (2023). Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 1003-1016.

Kemendikbud. (2018). Pedoman pembelajaran berbasis proyek. Jakarta: Kemendikbud.

Mulyadi. (2010). Diagnosis kesulitan belajar dan bimbingan terhadap kesulitan belajar khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.

Novianti Mandasari, E. R. (2021). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal operasi bilangan bulat di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 1139-1148.

Rohani, A. (2017). Penerapan pembelajaran berbasis proyek (PjBL) untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP dalam mata pelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Islam STAIN Bengkulu, 2(1), 1-12.

Rubai, T. N. (2016). Strategi guru matematika dalam mengatasi kesulitan. Satya Widya, 32-42.

Subanji, S. (2018). Pembelajaran matematika di sekolah dasar. Bandung: Alfabeta.

Surwa. (2020). Meningkatkan kemampuan operasi bilangan bulat siswa sekolah dasar melalui model kooperatif tipe STAD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 68-80.

Trianto, A. (2018). Pengaruh penerapan pembelajaran berbasis proyek (PjBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMA dalam mata pelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 123-134.

Yusuf, M. (2011). Pendidikan matematika realistik Indonesia: Sebuah alternatif pendekatan pembelajaran matematika. Bandung: Rosda Karya.

Published

2024-06-08

How to Cite

Inri Ani Gultom, Naswa Amirah, Della Nanda Sidabalok, Sri Rahayu, & Sushmita Marina Angel. (2024). Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Sebagai Solusi Permasalahan Siswa Kurang Menyukai Pembelajaran Matematika. Algoritma : Jurnal Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Kebumian Dan Angkasa, 2(4), 54–64. https://doi.org/10.62383/algoritma.v2i4.84

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.