Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada Mata Pelajaran Fisika terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Firmansyah Simanjuntak Universitas Negeri Medan
  • Angin Jonatan A. D. P. Sinaga Universitas Negeri Medan
  • Sumardi Rivandi Sitohang Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.62383/algoritma.v3i1.359

Keywords:

Learning Outcomes, Meta Analysis, Cooperative Learning.

Abstract

Inappropriate learning models and lack of student interest and attention to physics learning result in unsatisfactory learning outcomes. The purpose of the study was to determine how the effect of Cooperative Learning model type Student Team Achievement Division (STAD) on student learning outcomes. The research method used is meta-analysis, data collection for this research by reviewing and browsing online articles. The results of the study found that the Student Team Achievement Division (STAD) type Cooperative learning model obtained an overall average effect size of 1.61, which means that the STAD type Cooperative learning model can influence student learning outcomes in Physics subjects. Learning material that is very influential in the application of the STAD type is Circular Motion as seen from the effect size value which is in the high category with a value of 8.81. The grade level that obtained a high category in applying the Student Team Achievement Division (STAD) type learning model was SMK class X with an effect size value of 2.2.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, P. N., Lesmono, A. D., & Bachtiar, R. W. (2017). Pembelajaran fisika di SMA dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD (Kajian: di SMAN 1 Tapen Bondowoso). Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 201-207.

Akhfar, M. (2023). Penerapan pembelajaran fisika dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X IPA SMA Negeri 8 Makassar. OMEGA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sains Fisika, 2(2), 71-77.

Amalia, R. H., Mahardika, I. K., & Gani, A. A. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan SETS terhadap hasil belajar fisika siswa SMAN 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 105-121.

BNSP. (2006). Peraturan materi pendidikan nasional No.22 Tahun 2006. Jakarta: CV. Sekretariat Negara.

Cohen, L., Lawrence, M., & Morrison, K. (2017). Research methods in education (8th ed.). London: Routledge.

Depdiknas. (2006). Panduan pengembangan silabus sekolah menengah atas mata pelajaran fisika. Jakarta: Depdiknas.

Erpan, A., Nanda, F. F., Augustini, M. C., & Desnita, D. (2021). Meta analisis pengaruh model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran fisika terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 120-128.

Faizah, S., & Supardi, S. (2023). Pengaruh penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar fisika: (Eksperimen pada siswa kelas XI SMK PGRI 11 Jakarta). Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 129-144.

Gultom, A. S., & Bukit, N. (2013). Efek model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions dan tes potensi akademik terhadap hasil belajar fisika pada materi optik geometri. Jurnal Pendidikan Fisika Unimed, 2(2), 41-48.

Gumay, O. P. U., Kodarsih, E., & Mulyanto, A. B. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 2 Muara Beliti tahun pelajaran 2015/2016. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 5(1), 77-82.

Hulu, K., Zagoto, S., Panjaitan, J., & Perangin-angin, A. (2024). Pengaruh model kooperatif learning tipe STAD berbantuan Canva terhadap hasil belajar fisika pada materi pokok momentum dan impuls siswa kelas X MIPA semester genap SMA Mulia Pratama Medan TP 2022/2023. Jurnal Penelitian Fisikawan, 7(1), 1-9.

Jamilah, J., Sartika, R. P., & Ulfah, M. (2021). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi atom dan partikel penyusunnya. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 10(1), 48-56.

Juraini, J., Taufik, M., & Gunada, I. W. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar fisika pada siswa SMA Negeri 1 Labuapi tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 80-85.

Khasanah, S. R. U. (2021). Penerapan pendekatan CTL tipe kooperatif STAD untuk peningkatan minat belajar siswa pada materi kalor. Teacher in Educational Research, 3(2), 67-80.

Kholida, S. I., Suprianto, S., & Amalia, R. (2023). Peranan media kartu arisan fisika (KARSANFIS) dalam pembelajaran STAD terhadap hasil belajar fisika siswa. Wacana Didaktika, 11(1), 13-22.

Lovisia, E. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Studentteams Achievement Division (STAD) pada pembelajaran fisika siswa kelas X SMA Negeri 7 Lubuklinggau. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 1(1), 1-12.

Lubis, A. (2012). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok gerak lurus di kelas X SMA Swasta UISU Medan. Jurnal Pendidikan Fisika Unimed, 1(1), 27-32.

Maulani, R. A. S., Supriadi, B., Nuraini, L., & Syamsuri, S. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar fisika di SMK Negeri 5 Jember. Saintifika, 22(1), 30-38.

Merriyana, R. (2006). Meta analisis penelitian alternatif bagi guru. Jurnal pendidikan Penabur, 5(6), 102-106.

Pakpahan, L. E. M., Tampubolon, R., & Panjaitan, J. (2024). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divison (STAD) berbantuan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) terhadap hasil belajar fisika pada materi pokok listrik dinamis kelas IX SMP N 1 Adiankoting TP 2023/2024. Jurnal Penelitian Fisikawan, 7(2), 30-38.

Riska, R., Syamsu, S., & Pasaribu, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tikke Raya. Media Eksakta, 16(2), 79-83.

Susanti, H. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi medan magnetik kelas XII IPA-1 SMAN 1 Sungai Lala. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), 1460-1469.

Syahrial. (2023). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi listrik statis kelas XII IPA. 1 SMAN 1 Kelayang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1318-1323.

Tampi, S., Odja, A. H., & Eka Setiawan, D. G. (2022). Pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe STAD terhadap hasil belajar fisika pada materi suhu dan kalor. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 51-57.

Tang, M. (2018). Meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Pitumpanua Kabupaten Wajo melalui metode pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jurnal Nalar Pendidikan, 6(2), 136-142.

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

Firmansyah Simanjuntak, Angin Jonatan A. D. P. Sinaga, & Sumardi Rivandi Sitohang. (2024). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada Mata Pelajaran Fisika terhadap Hasil Belajar Siswa. Algoritma : Jurnal Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Kebumian Dan Angkasa, 3(1), 99–113. https://doi.org/10.62383/algoritma.v3i1.359

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.