Pengembangan Media Pembelajaran Math Card (Kartu Matematika) Dalam Pembelajaran Matematika Materi Eksponen, SPLDV, Aritmatika
DOI:
https://doi.org/10.62383/bilangan.v2i4.176Keywords:
ADDIE, Math Card, Mathematics Learning MediaAbstract
Math Card is a card-based board game that contains questions for mathematics learning media. The purpose of the Math Card is to make it easier and more interesting for students in math lessons to make it more fun. This research uses the ADDIE method, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. At the analysis stage, analysis is carried out related to material needs by following per under the syllabus/curriculum and design needs to get design results that attract the attention of students. At the design stage, the design is carried out according to the needs of the Math Card, namely by designing cards, packaging, guidebooks, and game boards. The development stage is to develop the results of the material and design, namely compiling questions according to the syllabus and printing products. The implementation stage is to conduct trials for grade 10 SMK students in the classroom. The last is the evaluation stage, namely by improving and perfecting the Math Card learning method to be more effective and efficient.
Downloads
References
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam perspektif kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35-49.
Affandi, M. R., Widyawati, M., & Bhakti, Y. B. (2020). Analisis efektivitas media pembelajaran e-learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMA pada pelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 150-157.
Afifah, N. (2017). Problematika pendidikan di Indonesia. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 41-47.
Alwi, S. (2017). Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-ilmu Kependidikan, 8(2), 145-167.
Amir, A. (2016). Penggunaan media gambar dalam pembelajaran matematika. Jurnal eksakta, 2(1), 34-40.
Anwar, A. S. (2020). Pengembangan sikap profesionalisme guru melalui kinerja guru pada satuan pendidikan MTs Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147-173.
Aritonang, K. T. (2008). Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan penabur, 7(10), 11-21.
Asih, D. A. S. (2017). Pengaruh penggunaan fasilitas belajar di lingkungan alam sekitar terhadap keterampilan proses sains. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1).
Asri, M. (2017). Dinamika kurikulum di Indonesia. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 4(2), 192-202.
Astuti, A., & Leonard, L. (2015). Peran kemampuan komunikasi matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).
Audie, N. (2019, May). Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 586-595).
Azhari, U. L., & Kurniady, D. A. (2016). Manajemen pembiayaan pendidikan, fasilitas pembelajaran, dan mutu sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(2).
Azmi, R. A., Rukun, K., Maksum, H. (2020). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis web mata pelajaran administrasi infrastruktur jaringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 303-314.
Bachtiar, M. Y. (2016). Pendidik dan tenaga kependidikan. Jurnal Publikasi Pendidikan| Volume VI No, 197.
Cahyadi R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Jurnal 3(1). 35-43
Daulay, S. H., Fitriani, S. F., & Ningsih, E. W. (2022). Pengaruh fasilitas sekolah terhadap kemampuan dan motivasi belajar siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3731-3738.
Dewi, S. L. (2021). Pengaruh metode mengajar terhadap minat belajar siswa sekolah dasar pada pelajaran matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 755-764.
Dianah, L. (2017). Kontribusi fasilitas dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran ips. JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora), 1(2), 51-60.
Efendi, A., Fatimah, C., Parinata, D., Ulfa, M. (2021). Pemahaman gen z terhadap sejarah matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 116-126.
Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.
Estiani, W., Widiyatmoko, A., & Sarwi, S. (2015). Pengembangan media permainan kartu uno untuk meningkatkan pemahaman konsep dan karakter siswa kelas VIII tema optik. Unnes Science Education Journal, 4(1).
Fadhilaturrahmi, F., Ananda, R., & Yolanda, S. (2021). Persepsi guru sekolah dasar terhadap pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid 19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683-1688.
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika kualitas pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617-1620.
Hafid, A. (2011). Sumber dan media pembelajaran. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 6(2), 69-78.
Hanifah, N. (2019). Pengembangan instrumen penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) di sekolah dasar. In Current Research in Education: Conference Series Journal (Vol. 1, No. 1, p. 005).
Hapsari, D. I., & Airlanda, G. S. (2018). Penerapan project based learning untuk meningkatkan motivasi belajar matematika peserta didik Kelas V. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 154-161.
Hidayah, N. (2019). Pengaruh penggunaan media visual terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran fikih kelas x di MA YPI Darul Huda lubuk harjo kecamatan belitang madang raya kabupaten OKU timur. Idaarotul Ulum (Jurnal Prodi MPI), 1(2 Desember), 240-290.
Huliyah, M. (2016). Hakikat pendidikan anak usia dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01), 60-71.
Illahi, N. (2020). Peranan guru profesional dalam peningkatan prestasi siswa dan mutu pendidikan di era milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1-20.
Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kognitif siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2(1), 17-26.
Iriyani, D. (2008). Pengembangan supervisi klinis untuk meningkatkan keterampilan dasar mengajar guru. Jurnal Didaktika, 2(02), 285-285 Indonesia, P. P. R. (2005). Standar Nasional Pendidikan. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.
Iskandar, S., Rosmana, P. S., Apriliyani, A., & Pratammy, S. D. (2022). Upaya peningkatan kualitas siswa pada kurikulum 2013. Attadib: Journal of Elementary Education, 6(1), 55-62.
Istiqlal, M., & Wutsqa, D. U. (2013). Pengembangan multimedia pembelajaran matematika SMA untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika materi logika matematika. Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 44-54.
Jakaria, Y. (2014). Analisis kelayakan dan kesesuaian antara latar belakang pendidikan guru sekolah dasar dengan mata pelajaran yang diampu. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(4), 499-514.
Kadi, T., & Awwaliyah, R. (2017). Inovasi pendidikan: Upaya penyelesaian problematika pendidikan Di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(2).
Lubis, W. (2017). Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Educandum, 10(1), 1-12.
Maharani, L., & Mustika, M. (2016). Hubungan self awarenes dengan kedisiplinan peserta didik kelas VIII di SMP Wiyatama Bandar Lampung (penelitian korelasional bidang BK pribadi). KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(1), 57-72.
Mailani, E. (2015). Penerapan pembelajaran matematika yang menyenangkan. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 1(1).
Maisyarah, E., & Firman, F. (2019). Media permainan ular tangga, motivasi dan hasil belajar peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan, 4(1), 32-38.
Marzuki, M., & Khanifah, S. (2016). Pendidikan ideal perspektif Tagore dan Ki Hajar Dewantara dalam pembentukan karakter peserta didik. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 172-181.
Mas, S. R. (2008). Profesionalitas guru dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Jurnal Inovasi, 5(2).
Mawanto, A., Siswono, T. Y. E., & Lukito, A. (2020). Pengembangan media cerita bergambar untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pecahan kelas II. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 424-437.
Mulyati, M. (2019). Menciptakan pembelajaran menyenangkan dalam menumbuhkan peminatan anak usia dini terhadap pelajaran. Alim| Journal of Islamic Education, 1(2), 277-294.
Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan sebagai metode pendidikan karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 141.
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(01), 9-16.
Nida, D. M. A. A., Parmiti, D. P., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan media kartu bergambar berorientasi pendidikan karakter pada mata pelajaran bahasa Bali. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 16-31.
Nurfitriyanti, M., & Lestari, W. (2016). Penggunaan alat peraga kartu domino terhadap hasil belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(2), 247-256.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171.
Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi dan pendidikan, 8(1).
Nurulaeni, F. & Rahma, A. (2022). Analisis problematika pelaksanaan merdeka belajar matematika. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 2(1), 55-64.
Perdana, D. I. (2013). Kurikulum dan pendidikan di Indonesia: Proses mencari arah pendidikan yang ideal di Indonesia atau Hegemoni kepentingan penguasa semata?. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 2(1).
Permatasari, K.G. (2021). Pembelajaran matematika di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pedagogy, 14(2), 68-84.
Pinahayu, E. A. R. (2016). Problematika pembelajaran matematika pada pokok bahasan eksponen dan alternatif pemecahannya. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3).
Raharjo, S. B. (2012). Evaluasi trend kualitas pendidikan di indonesia. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 511-532.
Rahmawati, N., & Dafit, F. (2022). Analisis pemanfaatan media pembelajaran masa pandemi covid-19 di SDN 193 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(2), 269-274.
Rowikarim, A. (2017). Mengajar yang efektif menjadi penentu kualitas seorang guru. Jurnal Pendidikan UNIGA, 7(1), 40-50.
Said, M. S. (2021). Kurangnya motivasi belajar matematika selama pembelajaran daring di MAN 2 Kebumen. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 7-11.
Setyorini, I. D., & Wulandari, S. S. (2021). Pengaruh media pembelajaran, fasilitas dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar selama pandemi covid-19. JURNAL PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 19-29.
Solong, N. P. (2017). Implementasi budaya kompetisi melalui pemberian reward and punishment dalam pembelajaran. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 38-52.
Srintin, A. S., Setyadi, D., & Mampouw, H. L. (2019). Pengembangan media permainan kartu umino pada pembelajaran matematika operasi bilangan bulat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 126-138.
Sulistiyawati, W. S., Sholikhin, R. S., Afifah, D. S. N., & Listiawan, T. L. (2021). Peranan game edukasi kahoot! dalam menunjang pembelajaran matematika. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 15(1), 56-57.
Susanti, H. (2021). Manajemen pendidikan, tenaga kependidikan, standar pendidik, dan mutu pendidikan. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(1), 33-48.
Ulfa, M., & Saputra, V. H. (2019). Pengaruh media pembelajaran makromedia flash dengan pendekatan matematika realistik pada hasil belajar siswa. Triple S (Journals of Mathematics Education), 2(1), 12-21.
Utami, S. (2019, May). Meningkatkan mutu pendidikan Indonesia melalui peningkatan kualitas personal, profesional, dan strategi rekrutmen guru. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 518-527).
Wahyuningsih, S. (2018). Pengajaran kosakata bahasa Arab siswa melaui media permainan pohon pintar. AL-AF'IDAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Pengajarannya, 2(1), 18-32.
Widiyanto, J., & Yunianta, T. N. H. (2021). Pengembangan board game TITUNGAN untuk melatih kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 425-436.
Wulandari, I., Hendrian, J., Sari, I. P., Arumningtyas, F., Siahaan, R. B., & Yasin, H. (2020). Efektivitas permainan kartu sebagai media pembelajaran matematika. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11(2), 127-131.
Yeni, E. M. (2015). Kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 2(2).
Yulianti, D., & Minsih, M. (2022). Pengembangan media pembelajaran kartu Pak Alam berbasis game edukatif IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5086-5096.
Zaini, A. (2015). Bermain sebagai metode pembelajaran bagi anak usia dini. Jurnal Thufula, 3(3), 130-131.
Zagoto, M. M., & Dakhi, O. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika peminatan berbasis pendekatan saintifik untuk siswa kelas XI sekolah menengah atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 1(1), 157-170.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bilangan : Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian dan Angkasa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.