Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar pada Mata Pelajaran IPA Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 21 Jakarta

Authors

  • Indrawati Indrawati Universitas Indraprasta PGRI
  • Supardi Supardi Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.62383/algoritma.v3i4.642

Keywords:

Organic Waste, Learning Resources, Natural Sciences

Abstract

This study aims to describe the utilization of the surrounding environment (compost) as a learning resource in the subject of science for grade III at MIN 21 Jakarta TimurDistrict. The researcher used a qualitative method with a descriptive approach. The researcher collected data through observation, interviews and documentation related to the utilization of organic waste as a learning resource or learning media conducted with grade III teachers at MIN 21 Jakarta TimurDistrict. The results of the study showed that the utilization of the surrounding environment (compost) namely the use of compost as a learning resource can improve students' process skills in science subjects. Through the utilization of compost, students are more active in learning outdoors because it is more fun, students can also see directly what is being learned if they use real sources that are in the school environment. It is important to remember that students' learning preferences and levels of understanding can vary. Some students may be more responsive to this learning method, while others may need a different learning approach. Here are some recommendations for the utilization of the surrounding environment (compost) as a learning resource in science subjects, namely about the benefits of compost and experiments in making compost.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arini, W., & Lovisia, E. (2019). Respon siswa terhadap media pembelajaran alat pirolisis sampah plastik berbasis lingkungan di SMP Kabupaten Musi Rawas. Thabiea: Journal of Natural Science Teaching, 2(2).

Arsyad, A. (2014). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Astuti, A., Waluya, S. B., & Asikin, M. (2019). Strategi pembelajaran dalam menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana.

Darmansyah, A., & Muktadir, A. (2021). Pengaruh penerapan metode outdoor learning dengan memanfaatkan barang bekas terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Juridikdas: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(2).

Denico, A. (2020). Media pembelajaran ramah lingkungan sekolah dasar negeri inklusi di Pekanbaru di era revolusi industri 4.0. Jurnal Al Mutharahah, 17(1), 62–74.

Fitrianan, R. E. R. (2020). Perancangan media pembelajaran interaktif mengenai klasifikasi dan pengolahan sampah menurut jenisnya berbasis 2D. e-Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 4(8).

Halifa, N., & Achmad, M. A. (2019). Pengomposan sampah organik di Perumahan Vatutela Kelurahan Tondo Kecamatan Mantikulore Kota Palu dan pemanfaatannya sebagai media pembelajaran. Journal of Biology Science and Education (JBSE), 7(1).

Handoko, A., Anggoro, B. S., & Marzuki, M. (2021). Pengembangan modul pembuatan ecobrick sampah plastik sebagai sarana pengembangan diri berbasis ecopreneurship di SMA kelas X. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 5(2), 169–177.

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kognitif siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Untirta, 2(1).

Khakim, M., & dkk. (2015). Penerapan model contextual teaching and learning melalui pemanfaatan lingkungan sekitar untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SD 1 Peganjaran Kudus. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1).

Khoiri, M., & Harsono, H. (2018). Pengolahan sampah anorganik menjadi media pembelajaran bagi guru TK/RA. Loyalitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Moha, H. (2015). Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 13 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Universitas Negeri Gorontalo.

Muliani, A., & Rijal, M. (2018). Industrialisasi, pencemaran lingkungan dan perubahan struktur kesehatan masyarakat. Biosel: Jurnal Biology Science and Education.

Nugrahani, F. (2014). Metode penelitian kualitatif dalam penelitian pendidikan bahasa. Surakarta: Farida Nugrahani.

Potale, N. (2014). Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPA di SDN 04 Batudaa Pantai. Universitas Gorontalo.

Radeswandri, R., & Ramadan, C. P. (2020). Bingkai dari limbah anorganik sebagai media pembelajaran IPA dalam mengembangkan kreativitas. Milenial: Journal for Teachers and Learning, 1(1), 1–5.

Ramansyah, W. (2013). Pengembangan bahan ajar mata kuliah strategi pembelajaran untuk mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. Jurnal Widyagogik, 1(1).

Rosalina, D., Marnita, Y., & Lubis, N. K. (2021). Pelatihan pembuatan kompos blok dengan memanfaatkan sampah organik rumah tangga untuk digunakan sebagai bahan media tanam. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1).

Sujarwo, Widyaningsih, & Tristanti. (2014). Pengelolaan sampah organik & anorganik. Yogyakarta: Penerbit Universitas Negeri Yogyakarta.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi pembelajaran: Teori dan aplikasi. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Suwarni, E. (2015). Pengembangan buku ajar berbasis lokal materi keanekaragaman laba-laba di Kota Metro sebagai sumber belajar alternatif biologi untuk siswa SMA kelas X.

Ulfa, S. (2006). Pemanfaatan lingkungan terhadap hasil belajar biologi, pokok bahasan ciri-ciri makhluk hidup pada siswa kelas VII MTS Negeri Susukan Kabupaten Semarang tahun ajaran 2005/2006. Yogyakarta.

Downloads

Published

2025-07-03

How to Cite

Indrawati Indrawati, & Supardi Supardi. (2025). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar pada Mata Pelajaran IPA Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 21 Jakarta. Algoritma : Jurnal Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Kebumian Dan Angkasa, 3(4), 180–190. https://doi.org/10.62383/algoritma.v3i4.642

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.