Application of Direct Learning Model to Improve Student Learning Outcomes on Digestive System Materials in Class XI Science 2 SMA Negeri 7 Southeast Maluku

Authors

  • Sisilia Domitila Sangur Universitas Negeri Manado
  • Helen J. Lawalata Universitas Negeri Manado
  • Zusje W. M. Warouw Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.62383/polygon.v2i6.277

Keywords:

Learning Model, Direct Instruction, Learning Outcomes, Digestive Systen, Biology

Abstract

This study aimed to describe students' learning outcomes using the Direct Instructions Learning Model on the digestive system material. This study is classroom action research. This study was conducted in class XI of SMA Negeri 7 Southeast Maluku. The subjects of this study were 22 students of class XI IPA. The study results showed that the percentage of classical learning completion in cycle I was 32% with an average score of 63.5% and cycle II was 82% with an average score of 80.22. With these research results, it can be concluded that applying the direct instructions learning model can improve student learning outcomes on the digestive system material in class XI of SMA Negeri 7 Maluku Tenggara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abineno, P., Rowa, Y. R., & Jagom, Y. O. (2019). Pengaruh model pembelajaran tutor sebaya terhadap prestasi belajar matematika siswa. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 1(1), 61-67.

Arifin, Z. (2022). Manajemen peserta didik sebagai upaya pencapaian tujuan pendidikan. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 8(1), 71-89.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S., dkk. (2009). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Danil, D. (2017). Upaya profesionalisme guru dalam meningkatkan prestasi siswa di sekolah: Studi deskriptif lapangan di Sekolah Madrasah Aliyah Cilawu Garut. Jurnal Pendidikan UNIGA, 3(1), 30-40.

Darmadi, H. (2015). Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161-174.

Hidayatulloh, M. S., & Mardiyah, M. (2022). Studi komparasi KMA No. 183 Tahun 2019 dengan KMA No. 165 Tahun 2014 tentang pedoman kurikulum 2013 materi PAI dan Bahasa Arab. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 2(1), 16-24.

Imansyah, F. (2018, August). Minat belajar siswa pada pelajaran penjas orkes terhadap hasil belajar pelajaran penjas orkes siswa SMA Negeri se-Kecamatan Pengandonan. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Maghfiroh, S., & Eliza, D. (2021). Mengenal standar dan etika profesionalisme guru PAUD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2707-2711.

Malik, A., & Putra, S. (2015). Perbedaan hasil belajar renang gaya bebas antara metode bagian dengan metode keseluruhan pada mahasiswa Penjaskesrek FKIP Unsyiah angkatan 2010. Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, 1(1).

Manizar, E. (2017). Optimalisasi pendidikan agama Islam di sekolah. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 251-278.

Nasution, J. S. (2022). Hubungan antara motivasi belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar Bahasa Arab pada siswa kelas VIII SMPIT Fajar Ilahi Batam. Jurnal As-Said, 2(1), 100-115.

Novitasari, A. T. (2022). Keterlaksanaan pembelajaran efektif melalui peran profesionalisme pendidik dalam proses pembelajaran. Journal on Education, 5(1), 1179-1188.

Retnowati, D. R., Fatchan, A., & Astina, I. K. (2016). Prestasi akademik dan motivasi berprestasi mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang (Doctoral dissertation, State University of Malang).

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara sikap, kemandirian belajar, dan gaya belajar dengan hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15-20.

Sukardi, S. (2022). Upaya meningkatkan hasil belajar pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) materi permainan bulu tangkis melalui penerapan model pembelajaran langsung. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 20-26.

Suprijadi, D. (2015). Pengaruh tutor sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Daarussalaam Jakarta. Faktor Exacta, 3(2), 127-135.

Suwardi, S., Firmiana, M. E., & Rohayati, R. (2016). Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil pembelajaran matematika pada anak usia dini. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 2(4), 297-305.

Trianto. (2010). Model pembelajaran terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh aspek kognitif, afektif, dan psikomotor terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 2(1), 1-9.

Yanti, W. (2019). Penggunaan model pembelajaran langsung (direct instruction) untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 15 Kota Takengon tahun pelajaran 2018-2019. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan, 7(2), 115-120.

Zaenal, A., & Arief, H. (2021). Modul PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) Biologi SMA Kelompok Kompetensi C dan E, Bab Jaringan Tumbuhan dan Jaringan Hewan.

Published

2024-10-18

How to Cite

Sisilia Domitila Sangur, Helen J. Lawalata, & Zusje W. M. Warouw. (2024). Application of Direct Learning Model to Improve Student Learning Outcomes on Digestive System Materials in Class XI Science 2 SMA Negeri 7 Southeast Maluku. Polygon : Jurnal Ilmu Komputer Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(6), 61–70. https://doi.org/10.62383/polygon.v2i6.277

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.