Responsi Siswa Terhadap e-modul Biologi Terintegrasi Nilai – Nilai IMTAQ pada Materi Invertebrata
DOI:
https://doi.org/10.62383/polygon.v2i5.208Keywords:
responses, e-modul, IMTAQ, InvertebratesAbstract
This research aims to determine students' responses to the biology e-module integrated with IMTAQ values in the Invertebrate material that was developed. This research is R&D research that uses the modified ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) model. This research is limited to the Development stage. The sample was determined using purposive sampling technique, and the sample size was 65 students from three schools, namely SMAN 1 Pekanbaru, SMAN 5 Pekanbaru and SMAS PGRI Pekanbaru. Data collection uses student response sheets and analysis uses descriptive techniques. The research results obtained an average of 85.87% from the three schools and were included in the "Very Good" category.
Downloads
References
Ainin, M. (2013). Penelitian Pengembangan Dalam Pembelajaran Bahasa Arabi. Okara: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 2(8), 96–110.
Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, Fkip, Unissula. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2), 71–90. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Developing Interactive Chemistry E-Modul For The Second Grade Students of Senior High School. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191.
Kemendikbud. (2017). Panduan Praktis Penyusunan E-Modul. 1–57.
Lisa, T., & Susilowibowo, J. (2016). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 PADA MATERI AYAT JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN JASA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SURABAYA Joni Susilowibowo Abstrak. Pengembangan Bahan Ajar EModiul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal, 1–9.
Musriani, A. (2020). Integrasi imtaq dan iptek dalam pembelajaran: Strategi pengembangan SDM bagi peserta didik di SMA. Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulawesi Selatan, 1(1), 46–58.
Purworejo, U. M., Supriyono, S., & Yuzianah, D. (2023). Pengembangan E-Modul Matematika Berbantuan Canva Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Pada Siswa Sma Yunita Maulina. Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengelatuan Alam, 1(4), 22–36. https://doi.org/10.59581/konstanta-widyakarya.v1i4.1419
Rambe, K., & Ristiono. (2022). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Smartphone tentang Materi Sistem Ekskresi pada Manusia untuk Peserta Didik. Biodidaktika: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 17(2), 1–12.
Saputra, A. (2018). Keragaman Jenis Burung di Daerah Aliran Sungai (DAS) Pasui Desa Pasui Kabupaten Enrekang. Skripsi, 1–104.
Siti Robiah, Ibnu Hajar, Ferazona, S., & Lestari, D. T. (2024). Developing integrated biology teaching material with Qur’an and Sunnah value. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 10(1), 154–163. https://doi.org/10.22219/jpbi.v10i1.31771
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif,dan R&D (M. Dr.Ir.Sutopo.S.Pd (ed.); 2nd ed.).
Ainin, M. (2013). Penelitian Pengembangan Dalam Pembelajaran Bahasa Arabi. Okara: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 2(8), 96–110.
Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, Fkip, Unissula. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2), 71–90. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Developing Interactive Chemistry E-Modul For The Second Grade Students of Senior High School. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191.
Kemendikbud. (2017). Panduan Praktis Penyusunan E-Modul. 1–57.
Lisa, T., & Susilowibowo, J. (2016). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 PADA MATERI AYAT JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN JASA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SURABAYA Joni Susilowibowo Abstrak. Pengembangan Bahan Ajar EModiul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal, 1–9.
Musriani, A. (2020). Integrasi imtaq dan iptek dalam pembelajaran: Strategi pengembangan SDM bagi peserta didik di SMA. Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulawesi Selatan, 1(1), 46–58.
Purworejo, U. M., Supriyono, S., & Yuzianah, D. (2023). Pengembangan E-Modul Matematika Berbantuan Canva Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Pada Siswa Sma Yunita Maulina. Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengelatuan Alam, 1(4), 22–36. https://doi.org/10.59581/konstanta-widyakarya.v1i4.1419
Rambe, K., & Ristiono. (2022). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Smartphone tentang Materi Sistem Ekskresi pada Manusia untuk Peserta Didik. Biodidaktika: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 17(2), 1–12.
Saputra, A. (2018). Keragaman Jenis Burung di Daerah Aliran Sungai (DAS) Pasui Desa Pasui Kabupaten Enrekang. Skripsi, 1–104.
Siti Robiah, Ibnu Hajar, Ferazona, S., & Lestari, D. T. (2024). Developing integrated biology teaching material with Qur’an and Sunnah value. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 10(1), 154–163. https://doi.org/10.22219/jpbi.v10i1.31771
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif,dan R&D (M. Dr.Ir.Sutopo.S.Pd (ed.); 2nd ed.).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Polygon : Jurnal Ilmu Komputer dan Ilmu Pengetahuan Alam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.