Analisis Kesulitan Siswa Menerjemahkan Soal Cerita Ke dalam Model Matematika pada Materi Aljabar

Authors

  • Ghina Ainun Musyarofah Universitas Siliwangi
  • Arnita Merlina Universitas Siliwangi
  • Nani Ratnaningsih Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.62383/aljabar.v1i2.520

Keywords:

Algebra, Mathematical-Modeling, Representation

Abstract

This study aims to describe students' difficulties in translating word problems into mathematical models in algebra material. Using a qualitative approach, the subjects were seventh-grade students at SMP Negeri 2 Tasikmalaya in the 2024/2025 academic year. Data were collected through questionnaires, interviews, and documentation. The results show that students struggled to understand the meaning of word problems and convert them into correct equations. Common errors included misconceptions about algebraic symbols, such as treating variables as fixed numbers and misusing the equal sign. In addition, students had difficulty identifying essential information needed to construct a mathematical model. Learning activities that focused only on procedural calculations further contributed to these challenges. This study recommends the use of more contextual and meaningful learning approaches, such as Problem-Based Learning and Realistic Mathematics Education, to help students better understand the relationships within problems and accurately express them through appropriate mathematical representations.. 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menerjemahkan soal cerita ke dalam model matematika pada materi aljabar. Dengan pendekatan kualitatif, subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami makna soal cerita dan menyusunnya menjadi persamaan yang tepat. Kesalahan yang muncul meliputi pemahaman yang keliru terhadap simbol aljabar, seperti menganggap variabel sebagai angka tetap dan tidak tepat menggunakan tanda sama dengan. Selain itu, siswa juga tampak kesulitan menentukan informasi penting yang diperlukan untuk membangun model matematika. Pembelajaran yang hanya berfokus pada prosedur perhitungan turut memperkuat kesulitan ini. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan pendekatan pembelajaran yang lebih kontekstual dan bermakna, seperti Problem-Based Learning dan Realistic Mathematics Education, agar siswa dapat lebih memahami hubungan antar informasi dalam soal dan menyusunnya dalam bentuk model yang benar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Mukti. (2024). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita bentuk aljabar berdasarkan teori Newman di kelas VII MTs N 2 Surakarta tahun.

Ananda, D. P., & Hanifah, F. (2024). Analisis kesulitan belajar matematika materi geometri pada siswa kelas 4 sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.47134/ppm.v2i1.1112

Arfika, R. R. W. (2019). Peran kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika dengan pemecahan masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 439–443. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Atiyah, K., & Priatna, N. (2023). Kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasis PISA di masa pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 831–844. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1648

Capriati, Z., Maryati, I., Sumartini, T. S., & Puspitasari, N. (2022). Kajian literatur: Penerapan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi himpunan di sekolah menengah pertama. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 329–339. https://doi.org/10.33654/math.v8i3.1950

Dinda Yunita Rachmah. (2024). Pengembangan instrumen asesmen diagnostik untuk melihat pemahaman konsep aljabar. Pendidikan Matematika dan IPA.

Febrianto Samuel Sinabang, N. L. F. M. N. R. M. S. R. T. (2025). Kompetensi pembelajaran aljabar atau berfikir aljabar: Eksplorasi bagi calon guru matematika.

Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri, Z. (2021). Problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 187–200. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.871

Hadijah, S. B. W. Z. M. (2021). Literatur review: Kemampuan representasi matematis melalui pendekatan SPUR pada pembelajaran matematika.

Hamid, A., & Liani, A. M. (2024). Mastery conceptual and procedural students in solving dimension three based of Polya’s phase in terms of the early ability mathematics students.

Huwayda, D., Sulistiani, R., & Dina, N. A. B. (2024). Analisis miskonsepsi matematika untuk meminimalisir kesalahan berhitung siswa madrasah ibtidaiyah. http://jim.unisma.ac.id/index.php/JPMI/index

Izzul Wafa, A. R. A. L. R. (2024). Analisis kesulitan menulis cerita pendek pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 1 Menteng tahun pelajaran 2023/2024 Palangka Raya. Sangkalemo: The Elementary School Teacher Education Journal, 3(2), 27–37. https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v3i2.15170

Jani Manajemen, H., Bisnis dan Komunikasi, F., & Teknologi dan Bisnis Kalbis, J. P. S. K. (2023). Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam membentuk budaya sekolah untuk penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Bisnis dan Komunikasi, 10(1).

Komala, E., Suryadi, D., & Dasari, D. (2021). Kemampuan representasi: Implementasi pengembangan desain didaktis pada pembelajaran matematika di sekolah menengah atas. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2179. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3971

Lestari Situmorang, P., & Rizki Kaize, B. (2024). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan representasi simbolik mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 25–36. https://doi.org/10.55115/edukasi.v5i1.34

Lestari, D. E., & Suryadi, D. D. (2020). Analisis kesulitan operasi hitung bentuk aljabar. Journal for Research in Mathematics Learning, 3(3).

Milah, S., Ratnaningsih, N., & Lestari, P. (2023). Systematic literature review: Kemampuan pemahaman matematis dan disposisi matematis peserta didik. PRISMA, 12(2), 570. https://doi.org/10.35194/jp.v12i2.3266

Naura Imanda, K., Rahardi, R., & Rahardjo, S. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa tipe Campers dalam menyelesaikan soal cerita. 06(2), 1517–1526.

Oktafia, N., Latifah, A. M., Dafa, A., Haris, E., Andrianie, S., Krismona, B., & Sebelas Maret, U. (2025). Mahasiswa dan AI: Transformasi cara berpikir kritis dan penyelesaian masalah di era digital.

Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan literasi numerasi untuk asesmen kompetensi minimum dalam kegiatan kurikuler pada sekolah dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3430. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1302

Rahmadani, A., Ariyanto, A., Shofia Rohmah, N. N., Maftuhah Hidayati, Y., & Desstya, A. (2023). Model problem based learning berbasis media permainan monopoli dalam meningkatkan pemahaman siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(1), 127–141. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i1.1415

Rantung, N. C., & Tumalun, N. K. (2024). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel kelas X SMA Negeri 2 Tareran. 5(2), 1403–1412. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal

Restianingsih, A., Pujiastuti, H., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2020). Analisis kesulitan kemampuan pemahaman konsep siswa SMP pada materi aljabar.

Sabil, L., Kunci, K., Konkret, A., & Matematika, P. (2024). Meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas II madrasah ibtidaiyah (MI) melalui visualisasi menggunakan alat konkret: Sebuah studi literatur.

Suginem. (2021). Penerapan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v3i1.3254

Supriyatin, T., & Syafa’atun. (2025). Analysis of student errors in solving differential calculus problems on absolute inequalities and functions continuity. Journal of Mathematics Education and Science, 8(1), 16–27. https://doi.org/10.32665/james.v8i1.4095

Wisnu, D. A., Sekolah, W., Hindu, T., Klaten, D., & Tengah, J. (2023). Problem based learning: Membuka peluang kolaborasi dan pengembangan skill siswa (Vol. 4).

Witono, S., & Hadi, M. S. (2025). Numerasi dan kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Yakob Manawan, M., Pesik, A., & Grace Maukar, M. (2024). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan teori Kastolan di SMP Negeri 3 Kombi. 13(1).

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Musyarofah, G. A., Merlina, A., & Ratnaningsih, N. (2025). Analisis Kesulitan Siswa Menerjemahkan Soal Cerita Ke dalam Model Matematika pada Materi Aljabar. Aljabar : Jurnal Ilmuan Pendidikan, Matematika Dan Kebumian, 1(2), 55–67. https://doi.org/10.62383/aljabar.v1i2.520